hari-bela-negara

Hari Bela Negara

Hari Bela Negara yang kerap disebut dengan singkatan HBN selama ini diperingati setiap tahun di tanggal 19 Desember. Penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara berkaitan dengan sejarah revolusi kemerdekaan Republik Indonesia.

Tepat pada 19 Desember 1948, muncul deklarasi tentang pendirian Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). PDRI yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, punya peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Saat Belanda melancarkan Agresi Militer II dan para pemimpin republik, termasuk Sukarno-Hatta ditangkap, PDRI menjadi penyelenggara pemerintahan RI sementara melalui Kabinet Darurat yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.

Maka itu, tanggal 19 Desember ditetapkan menjadi Hari Bela Negara melalui Keppres No. 28 tahun 2006 yang diteken oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Dikutip dari laman Kementerian Pertahanan, HBN tahun 2020 ini bertema ‚ÄúSemangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul.”Tema HBN 2020 tersebut diharapkan dapat membawa seluruh lapisan masyarakat untuk membela negara. Selain itu, dalam poster di Kemhan juga dituliskan #AyoBelaIndonesiaku. Tujuan tagar ini menyadarkan seluruh bangsa Indonesia agar menjaga rumahnya. Di poster peringatan HBN 2020, Kemhan menulis: “#AyoBelaIndonesiaku. Karena Indonesia Rumah Kita Bersama.”

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *