hari-guru-nasional

Selamat Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan HGN tahun 2020 bertema “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar” terkait situasi pandemi COVID-19. Ini diulas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam pidatonya.

Berikut ini ulasan teks lengkap pidato Mendikbud untuk Hari Guru Nasional 2020. Peringatan Hari Guru Nasional 2020 tahun ini memang berbeda. Masih merebaknya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat segala sesuatu harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan baik, termasuk proses pembelajaran yang dalam beberapa bulan terakhir diselenggarakan di rumah secara virtual.

“Sekolah-sekolah pun sementara harus ditutup. Data UNESCO mencatat lebih dari 90% atau di atas 1,3 miliar populasi siswa global harus belajar dari rumah. Hampir satu generasi di dunia terganggu pendidikannya,” tulis Mendikbud dalam pidato peringatan Hari Guru Nasional 2020. “Akibat pandemi pula,” lanjut Nadiem Makarim, “jutaan pendidik dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Hal ini dilakukan agar kita bisa menjaga diri dari potensi terkena virus sekaligus memutus rantai penularannya.”

Mendikbud memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan serta pengorbanan seluruh pihak, termasuk kaum guru, yang terus bersemangat dan penuh kesabaran tetap menjalankan aktivitas pembelajaran dengan inovatif meskipun banyak kendala serta keterbatasan. “Saya sangat terharu melihat dan mendengar cerita-cerita hebat, dedikasi, kesungguhan bapak dan ibu guru untuk bergerak mencari solusi agar proses belajar anak-anak Indonesia tidak terhenti,” sebut Mendikbud. “Semuanya menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi,” tambahnya.

Nadiem Makarim juga berharap agar semua pihak, termasuk para guru dan seluruh insan pendidikan nasional lainnya, dapat mengambil hikmah dan manfaat yang positif dari situasi pandemi seperti sekarang ini. “Pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM-SDM Unggul untuk Indonesia Maju,” tandas Mendikbud.

Akhir kata, Mendikbud atas nama pemerintah RI mengucapkan, “Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020. Teruslah bangkitkan semangat dan bersatu untuk anak-anak Indonesia.”

isi disadur dari artikel “Teks Lengkap Pidato Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional 2020”, https://tirto.id/f7nw

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *