kelola-stress

Mengelola Stress

Dampak Stress

Stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Mungkin Anda bertanya-tanya, “Kenapa stres bisa menyebabkan penyakit?”. Jawabannya, stres bukan hanya sekadar perasaan. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah.

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Saat Anda sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyerang Anda jika mengalami stres berkepanjangan:

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk menimbun stres.

Lakukan Cara-cara ini untuk Mengendalikan Stres 

Langkah pertama mengatasi stres adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan stres, dalam hal ini Anda sendiri yang mengetahuinya. Setelah itu, tuliskan apa saja pemicu stres tersebut sehingga Anda dapat mengantisipasi langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencegah atau melawan stres.

Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran Anda, seperti:

  • Terapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat
    Dengan makan dan berperilaku yang bersih dan sehat, bisa meningkatkan suasana ketenangan dan kenyamanan. sehingga berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental anda
  • Tidur yang cukup dan makan bergizi
    Senantiasa menjaga waktu tidur yang cukup serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya stress. Karena kurang tidur dan konsumsi makanan tidak sehat menjadi salah satu pemicu munculnya stress
  • Kembangkan Hobi yang Bermanfaat
    Penelitian menunjukkan bahwa menyibukkan diri dengan hobi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kesehatan mental. Hobi yang membutuhkan konsentrasi akan mengalihkan perhatian Anda dari masalah dan membuat suasana hati gembira. Melakukan berbagai hobi ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Ini sangat bisa untuk meningkatkan kadar konsentrasi, mengekspresikan kreativitas, meningkatkan kebugaran fisik, mengembangkan keterampilan sosial, dan menghasilkan pemasukan tambahan di bidang finansial.
  • Bicarakan Kepada Orang Tersayang
    Salah satu cara untuk menjaga diri agar tidak stress yaitu membicarakan tentang hal yang membuat anda tertekan kepada orang tersayang. hal ini bisa dianggap sebagai melepas beban ketika berbagi cerita kepada orang terdekat.
  • Olahraga
    Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Satu cara yang sederhana dapat berupa berjalan kaki atau bersepeda mengitari komplek rumah.
  • Meditasi/Tenangkan Diri
    Meditasi bisa membantu Anda menenangkan pikiran. Anda bisa mencoba olahraga seperti yoga yang juga mengajarkan cara bermeditasi.
  • Tingkatkan Ibadah dan Dekatkan diri kepada Tuhan
    Segala sesuatu yang dialami adalah sebuah rencana Tuhan. Jadi, saat mendapatkan banyak masalah tentu saja itu semua adalah cobaan dari-Nya yang harus kita terima dengan ikhlas. Tuhan pun akan memberikan ujian yang pasti bisa kita hadapi dan akan menyiapkan pelajaran berharga di balik cobaan tersebut. Jadi, agar bisa lebih tenang dan terhindar dari stres, cobalah untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Pasti setelah curhat kepada Tuhan maka rasa gelisah dan beban pikiran pun bisa sedikit teratasi.
  • Lakukan Kegiatan sesuai Minat
    Terus memikirkan masalah yang dihadapi memang sangat melelahkan. Itu sebabnya kita harus menjaga diri agar tidak mengalami stres berat. Kita bisa mencegah stres dengan menyisihkan waktu untuk menghibur diri sendiri. Cobalah lakukan hal-hal yang kita sukai, misalnya mendengarkan musik, pergi jalan-jalan, belanja ataupun berkumpul bareng teman

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *